4 CARA MENJADI MUSLIM KREATIF!

Sabtu, 19 Januari 2019 20:20 WIB

“Bukan rahasia bila imajinasi Lebih berarti dari sekedar ilmu pasti” – Dewa19 Bukan Rahasia

4 CARA MENJADI MUSLIM KREATIF!

Ginan AUlia rahman

(alumni Madrasah Darul Arkom Garut)

Saya percaya berimajinasi itu penting banget untuk menjadi kreatif. Imajinasi adalah halaman tanpa pagar yang melampaui ruang dan waktu. Kita bisa menemukan ide-ide unik dan seru di halaman luas itu.

Imajinasi manusia cara kerjanya simple, yaitu menggabungkan beberapa simple ideas menjadi complex ideas. Misalkan kita punya ide tentang kuda kemudian kita punya ide tentang sayap dan tanduk. Lalu ketiganya kita jadikan satu hingga terciptalah Unicorn.

Ide-ide kita banyak di kepala dan ide itu punya banyak bentuk. Ide seperti mainan Lego. kita tinggal menyusun setiap baloknya menjadi karya yang hebat. Nah, baca buku dan ngobrol dengan orang lain itu membuat blok-blok yang kita punya semakin beragam sehingga kita bisa punya banyak bahan untuk membuat ide yang keren.

Contoh rilnya, Steve Jobs punya ide konsep design yang elegan dan skema penjualan. Steve Wozniak punya ide untuk membuat komputer personal yang murah. Kedua ide ini bersatu akhirnya jadi perusahaan Apple sampai sekarang.

Karya adalah kumpulan balok-balok ide di kepala dan tak ada batasnya. tapi dalam praktiknya, kita mesti tahu batasan. Tidak semua imajinasi mesti kita wujudkan.

Kita sebagai muslim punya batasan yaitu ajaran Allah yang rasulullah bawa untuk kita. Kita juga punya batasan kemanusiaan dan kelaziman yang ada di masyrakat.

Ide kita bisa kreatif setinggi langit. tapi jika orang yang menikmati karya kita ada di daratan, ya kita mesti ikut mereka. Itulah yang namanya costumer centered design. Atau human centered design. Nah sebagai muslim kita tambah lagi dengan halal centered design dan berkah centered design. Karya kreatif keren kita perlu punya dampak sosial, spiritual, komunitas, dan entrepreneurship dengan jalan yang halal. Itulah atitude seorang muslim kreatif.

Nah sekarang baru deh ke materi inti. Untuk menjadi kreatif itu simple aja kok. Cukup mempraktikkan 4 hal ini

1. Berpikir out of the box.

Wkwkwk. berpikir out of the box ini udah jadicaturan umum untuk menjadi kreatif, kamu pasti sering banget dengar  ini sampai bosan. Tapi, apakah kamu tidak penasaran? Sebenarnya apa sih maksudnya berpikir out of the box? 

Oke, mari kita coba jawab.

Kreatifitas menuntut kita berpikir  berbeda dan menggugat kelaziman. Misalnya, orang lazimnya makan mie pakai sumpit, nah sekarang coba deh makan mie pakai tusuk gigi. wkwkwk. Kamu mungkin akan bilang “Bangke. Saran macam apaan iniihhh?”

Yeee. Itulah kreatifitas. Coba kamu makan mie pakai tusuk gigi trus direkam kamera trus upload ke Youtube. Video aneh macam itu akan mendatangkan banyak viewer. Lalu kamu membuat tusuk gigi challange. Kamu menantang semua orang untuk makan apapun menggunakan tusuk gigi. Wiiih pasti viral tuh. hahaha!

2. Stop Planning Start Doing!

Membuat rencana itu penting. Tapi kalau sibuk membuat rencana terus, ya, kamu akan kehabisan waktu mengeksekusi ide kamu.

Waktu terus berjalan selagi kamu mikir. Inspirasi tidak akan datang jika kamu diem terus. Ayo mulai saja karyamu sekarang! Inspirasi itu ada di dalam proses. Siapa tahu ketika kamu mulai berkarya, ide-ide kreatif itu datang seperti badai di musim hujan.

3. Stop Trying  to Achieve Perfection

Hei! Di dunia ini tidak ada yang sempurna! Kamu mesti inget itu!

Kamu tidak usah ragu untuk berkarya. Tidak usah takut jika karyamu tidak sempurna.

Karya kamu pasti akan ada penikmatnya. Pasar itu luas cuy. Coba deh kamu perhatikan. Tim sepak bola yang berada di klasemen paling bawah di sebuah liga pun memiliki fans club. Nah, karyamu juga begitu pasti ada penikmatnya sendiri. Dalam berkarya yang penting kamu berusaha mengeluarkan seluruh upaya kerenmu.

4. Cari ilmu yang bermanfaat

Ilmu itu penting banget untuk melahirkan karya keren. Kamu perlu banyak baca, banyak jalan-jalan, banyak bertemu orang, dan banyak melakukan eksperimen. Dari semua itu pasti kamu memiliki banyak bahan yang bisa kamu kombinasikan untuk membuat karya kreatif!

KATA KUNCI
BAGIKAN
BERI KOMENTAR


Ruang Pamer LAINNYA