SOAL HOTS TIDAK SELALU SUSAH

Sabtu, 19 Januari 2019 20:41 WIB

Sebenarnya soal HOTS tak selalu susah. Jika kamu sudah terbiasa dengan soal LOTS, penyelesaian soal HOTS tinggal ditambahkan sedikit ketelitian

SOAL HOTS TIDAK SELALU SUSAH

Sebenarnya soal HOTS tak selalu susah. Jika kamu sudah terbiasa dengan soal LOTS, penyelesaian soal HOTS tinggal ditambahkan sedikit ketelitian saja bisa diatasi.

Soal LOTS umumnya mengandalkan kemampuan hafalan. Sedangkan soal HOTS lebih banyak mengandalkan kemampuan berpikir kritis. Nah tambahin saja dirimu dengan kemampuan berpikir kritis.

Soal LOTS membuatmu tak menggunakan potensi akalmu secara maksumal. Tinggal hafalkan saja rumusnya, masukkan angkanya, dapat deh jawabannya. Tinggal hafal mati saja semua istilah yang ada dalam buku, jawaban ujian sudah tertulis eksplisit di buku.

Soal HOTS lebih dari itu. lurus kayak gitu. Soal HOTS menuntut kamu berpikir agak serius sedikit. Ya, kamu harus menganalisis dulu maksud soal dan mencipta model atau kesimpulan, baru bisa menerapkan rumus untuk cari jawabannya.

Butuh contoh lagi? Ini contoh soal HOTS yang gampang:

 

https://www.zenius.net/blog/wp-content/uploads/2018/12/soal-jaring-makanan.jpg

 

Lihat soal yang pertama. Ingat-ingat teori rantai makanan. Ada pelbagai peran di sana: ada produsen, ada konsumen, ada juga predator dan pengurai. Nah tinggal ingat-ingat, lalu lihat gambarnya. Udah itu pasti kamu tahu apa jawabannya.  Itulah LOTS, simple banget!

Sekarang kita lihat soal HOTS. Soal ini tidak cukup dengan menghafal peran tiap organisme di jaring makanan. Tapi kamu juga butuh MENGANALISIS gambar di atas untuk MENCIPTA kesimpulan. Kira-kira kamu jadi mikir, “kalau ulat mati oleh pestisida, maka makanan siapa yaa yang akan habis? Hubungan ulat sama ulat bagaimana ya? Kalau   ulat populitasnya habis, burung elang bakal mati nggak yaa?  Agak panjang memang mikirnya, makanya disebut HOTS: higher  orde tingkat berpikirnya lebih tinggi. Tapi gampang kan?!

Untuk bisa menjawab soal LOTS, kamu tinggal komat-koamit mengingat jaring makanan. Tapi menjawab soal HOTS komat-kamit saja tidak bisa menyelesaikan masalah. Kami mesti paham juga peran masing-masing, apa efeknya jika salah-satu bagian bertambah besar atau jadi lebih sedikit, dan seterusnya.  Itulah yang disebut dengan menganalisis.

Oke, soal HOTS bisa mudah atau susah?.

Siap berjuang?

KATA KUNCI
BAGIKAN
BERI KOMENTAR


Ruang Ajar LAINNYA